RSS

PGP

PGP adalah suatu metode enkripsi informasi yang bersifat rahasia sehingga jangan  sampai diketahui oleh orang lain yang tidak berhak. Informasi ini bias berupa E-mail  yang sifatnya rahasia, nomor kode kartu  kredit, atau pengiriman dokumen rahasia  perusahaan melalui Internet. PGP menggunakan metode kriptografi yang disebut  “public key encryption”: yaitu suatu metode kriptografi yang sangat sophisticated.  Adapun prinsip kerja dari PGP adalah sebagai berikut : 
1. PGP menggunakan teknik yang disebut  public kec encryption dengan dua  kode. Kode-kode ini berhubungan secara intrinstik, namun tidak mungkin  untuk memecahkan satu sama lain, 
2. Ketika dibuat satu kunci, maka secara  otomatis akan dihasilkan sepanjang  kunci,yaitu kunci publik dan kunci rahasia, 
3. PGP menggunakan dua kunci,  Pertama, kunci untuk proses enkripsi (kunci publik). Disebut kunci publik karena kunci yang digunakan untuk enkripsi ini  akan diberitahukan kepada umum. Orang yang akan mengirimkan e-mail  rahasia kepada kita harus mengetahui kunci publik ini. Kedua,  kunci untuk  proses deskripsi (kunci pribadi). Disebut kunci pribadi karena kunci ini hanya  diketahui oleh kita sendiri. 
4. Karena dengan conventional crypto, di saat terjadi transfer informasi kunci,  diperlukan suatu  secure channel. Jika kita memiliki suatu  secure channel,  mengapa masih menggunakan crypto? Dengan public key system, tidak akan  menjadi masalah siapa  yang melihat  kunci milik kita, karena kunci yang  dilihat orang lain adalah yang digunakan hanya untuk enkripsi dan hanya  pemiliknya saja yang mengetahui kunci rahasia tersebut.

Pretty Good Privacy (PGP) adalah salah satu software pengaman kriptografi yang  cukup tinggi performansinya. PGP yang dikembangkan oleh Phillip Zimmerman ini  memiliki 2 versi yaitu “USA version” dan International version”. PGP versi USA  hanya digunakan di wilayah USA dan warga negara USA yang menggunakan  algoritma RSA dalam enkripsimnya. Sedangkan versi International menggunakan  algoritma MPILIB yang dapat digunakan oleh siapa saja. 
PGP dibuat berdasarkan pada konsep  Public Key Cryptografy. Kriptografi  mempunyai konsep secara umum, jika seseorang hendak mengirmkan e-mail yang  bersifat rahasia, maka si pengirim  dapat mengkodekannya (enkripsi) menggunakan  suatu algoritma tertentu yang hanya si pengirim mail yang tahu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

ediehadcock said...

Why gambling is so much a game of chance - Dr. mcd
It's not a game of chance. 문경 출장안마 This article covers the 순천 출장마사지 history of casino games for the 삼척 출장안마 gambling world. It covers 삼척 출장마사지 the basics, not the secrets. 세종특별자치 출장마사지

Post a Comment