RSS

Asimetris Kriptografi


Sistem asimetris akan jauh lebih cepat dan lebih mudah daripada kunci simetris. Bagaimana kok lebih mudah? sebetulnya sama saja, cuma langkah yang dibutuhkan tidak akan lebih panjang, sehingga lebih efisien, sehingga lebih menghemat waktu, sehingga dengan kata lain, jauh lebih mudah dioperasikan.
Sebetulnya, sistem Asimetris dan Simetris akan mempunyai panjang prosedur yang sama. Namun, sejak kunci Asimetris mendukung teknik Tanda Tangan Digital (ttd), maka banyak langkah dari kunci simetris yang dapat dikolapskan.
Ini langkah yang anda harus lakukan:
  1. Mengambil kunci publik Alice dari sumber tertentu (Website, KDC, dll)
  2. Verifikasi kunci Publik tersebut dengan kunci Publik-nya sendiri. Jika tidak terverifikasi, batalkan saja!
  3. Enkrips ‘kunci’ yang akan dikirim dengan publik key-nya Alice
  4. Alice mendekripsi dengan kunci privatenya dan mendapatkan kembali ‘kunci’ yang dapat anda dan Alice gunakan untuk berkomunikasi.
So simple bukan? Ini lah rahasianya, terdapat verifikasi kunci! Dalam algoritma simetris, anda perlu kunci lain untuk memverifikasi otentikasi sebuah kunci. Disini, kunci publik Alice harus sudah ditandatangani oleh kunci private alice, hal ini akan mengakibatkan kunci publik tersebut dapat diverifikasi oleh kunci Publik. Hasil verifikasi kunci publik dengan kunci publik harus terverifikasi, jika tidak, maka kunci publik tersebut tidak ditandatangani oleh ‘kunci kembar’-nya, yakni kunci private yang sepasang dengannya, yang mencerminkan, bahwa anda harus menghentikan langkah saat itu juga!
Namun, jika kunci sudah terverifikasi, anda setidaknya harus yakin 79% bahwa kunci tersebut benar milik Alice!


Algoritma simetris, sering juga disebut dengan algoritma kunci publik atausandi kunci publik, menggunakan dua jenis kunci, yaitu kunci publik (public key) dan kunci rahasia (secret key). Kunci publik merupakan kunci yang digunakan untuk mengenkripsi pesan. Sedangkan kunci rahasia digunakan untuk mendekripsi pesan.
Kunci publik bersifat umum, artinya kunci ini tidak dirahasiakan sehingga dapat dilihat oleh siapa saja. Sedangkan kunci rahasia adalah kunci yang dirahasiakan dan hanya orang-orang tertentu saja yang boleh mengetahuinya. Keuntungan utama dari algoritma ini adalah memberikan jaminan keamanan kepada siapa saja yang melakukan pertukaran informasi meskipun di antara mereka tidak ada kesepakatan mengenai keamanan pesan terlebih dahulu maupun saling tidak mengenal satu sama lainnya.


Algoritma asimetris pertama kali dipublikasikan oleh Diffie dan Hellman pada tahun 1976 dalam papernya yang berjudul “New Directions in Cryptography”.Contoh dari algoritma asimetris adalah RSA, ElGamal, McEliece, LUC dan DSA (Digital Signature Algorithm).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment